Menu Tutup

Cara Berjalan & Makan

Bagaimana kerang Berjalan dan Makan ?

Kerang adalah hewan laut yang memiliki cangkang keras menutupi tubuhnya. selain sering dijadikan sebagai lauk atau santapan yang lezat, cangkang kerang juga banyak dijadikan ornament hiasan dan pernak-pernik. Bagaimana kehidupan Kerang dilaut ?

Kita sering melihat kerang di pantai, tapi sulit menemukan dimana mata, hidung, mulut, telinga, tangan, dan juga kaki kerang. Kita hanya temukan segumpalan daging yang bersembunyi di balik cangkang. Kerang merupakan hewan tingkat rendah, setiap harinya menghabiskan diri dengan diam di dalam cangkang. Mereka tidak sama dengan hewan lainnya yang bisa bergerak melakukan berbagai aktivitas, kerang tidak bergerak menggunakan kaki seperti hewan pada umumnya.

Kerang memiliki sejumput daging menyembul ke luar cangkang yang digunakan sebagai ‘kaki’ untuk bergerak dan berjalan. cara kerjanya adalah dengan mendorong pasir, tempat dimana mereka berpijak sehingga kerang bisa berpindah tempat.

Kerang memiliki bagian tubuh semacam selang yang bernama sifon. sifon ini terbagi menjadi dua saluran, fungsinya ialah saluran pertama untuk menyedot berbagai jenis makanan seperti ganggang, plankton, dan organisme laut yang berukuran kecil. Saluran kedua berfungsi sebagai pembuangan sisa makanan setelah selesai dicerna. kehidupan kerang sangat unik, karena kerang merupakan hewan tingkat rendah yang memungkinkan mereka untuk tidak merasakan sakit.